Blog yang menyajikan semua informasi terbaru

Pengertian Hak Paten, apa itu paten.

Pengertian Hak Paten, apa itu paten.

Pengertian Hak Paten - Hak Paten adalah pemberian perlindungan untuk penemuan yang diberikan pemerintah dan memiliki jangka waktu 14 sampai 20 tahun. Memiliki hak paten memberikan Anda hak untuk menghentikan orang lain membuat, menggunakan atau menjual penemuan Anda tanpa izin Anda.

Pengertian dan definisi Hak Paten

Paten adalah Sebuah lisensi pemerintah yang memberikan hak eksklusif pemegang untuk proses, desain atau penemuan baru untuk periode waktu tertentu

hak paten merupakan Suatu bentuk perlindungan yang menyediakan orang atau badan hukum dengan hak eksklusif untuk membuat, menggunakan atau menjual konsep atau penemuan dan tidak termasuk orang lain melakukan hal yang sama selama paten

Pengertian Hak Paten, apa itu paten.

Hanya seorang penemu yang berlaku hak paten untuk ide penemuan nya tersebut. Jika dua orang atau lebih  berpartisipasi dalam penciptaan sebuah penemuan, maka ketentuan hukum mengharuskan semua peserta mengajukan permohonan paten sebagai penemuan bersama. 

Seseorang mengajukan permohonan hak paten terhadap penemuannya secara tidak langsung tunduk pada hukum yang dikeluarkan. Seseorang yang hanya memberikan kontribusi keuangan / pemodal untuk sebuah penemuan tidak dapat disebut sebagai penemu bersama.

Sebenarnya ada beberapa jenis yang berbeda dari paten, tetapi dua paten berikut adalah tipe yang paling sering digunakan:

# Sebuah paten desain memberikan perlindungan pada penampilan atau desain hias dari penemuan Anda. Hal ini umumnya lebih murah, lebih mudah untuk mengajukan dan lebih mudah diterima oleh PTO dibandingkan jenis paten utilitas. Namun, perlindungan secara keseluruhan tidak efektif sebagai paten utilitas.

Untuk diterima dan lolos paten desain, penemuan Anda harus lulus tes ini yaitu pertama Ini harus memiliki desain baru dan asli kemudian yang kedua Fitur baru dari desain Anda harus jelas.

# Sebuah paten utilitas melindungi fungsi atau metode penemuan Anda. Paten ini lebih rumit daripada paten desain karena memerlukan penjelasan tentang bagaimana penemuan Anda digunakan. untuk mendapatkan Sebuah paten utilitas biasanya biayanya lebih mahal , dan memerlukan input lebih dari seorang pengacara, karena lebih sulit untuk dikeluarkan. 

Perlindungan  paten utilitas lebih besar dari paten desain, Kebanyakan penemuan dapat diajukan sebagai paten desain, paten utilitas atau gabungan keduanya.

Syarat lolos Hak paten Utilitas

Untuk menerima paten utilitas, penemuan Anda harus melewati empat tes yaitu: Pertama Tes-kelas penemuan Anda. yang kedua yaitu Uji utilitas artinya Penemuan Anda dianggap berguna/berfungsi. yang ketiga adalah Tes baru. Penemuan Anda harus memiliki fitur yang membedakannya dari penemuan sebelumnya dan tidak diketahui publik. dan yang ke empat "Unobviousness" test.

Jika Anda mencoba untuk menentukan apakah ide Anda sudah dipatenkan, Anda bisa melakukan pencarian pada semua hak paten yang sudah ada. Pencarian hak paten ini akan memberitahu Anda apakah paten lain sudah diterbitkan yang dapat mengungkapkan atau menyarankan penemuan Anda. Anda dapat melakukan pencarian paten sendiri, menggunakan Internet atau menyewa seorang peneliti paten.

Jika Anda ingin mencari secara online, kunjungi situs ini Patent dan Trademark Office. sekian pembahasan tentang Pengertian Hak paten


share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Iqfadhilah, Published at 9:42 AM and have 0 comments
Baca Artikel Seru Lainnya

No comments:

Post a Comment