Blog yang menyajikan semua informasi terbaru

Perbedaan Utama Antara Monopoli dan Oligopoli

Perbedaan Utama Antara Monopoli dan Oligopoli

Perbedaan Monopoli dan oligopoli adalah struktur pasar ekonomi di mana ada persaingan tidak sempurna di pasar. Sebuah pasar monopoli berisi satu perusahaan yang memproduksi barang dengan ada pengganti yang dekat, dengan hambatan yang signifikan untuk masuknya perusahaan lain. Pasar oligopoli memiliki sejumlah kecil perusahaan yang relatif besar yang memproduksi produk serupa tapi sedikit berbeda. Sekali lagi, ada hambatan yang signifikan untuk masuk bagi perusahaan lain.

Perbedaan Monopoli dan Oligopoli

Dalam monopoli, penjual biaya harga tinggi untuk barang-barang karena tidak ada kompetisi. Dalam oligopoli, harga moderat karena adanya persaingan. Namun, mereka lebih tinggi dari mereka akan berada dalam persaingan sempurna .

Hambatan masuk dalam pasar monopoli yang tinggi karena teknologi, kebutuhan modal yang tinggi, peraturan pemerintah, paten dan biaya distribusi yang tinggi. Dalam pasar oligopoli, hambatan masuk tinggi karena skala ekonomi .

Monopoli menarik daya dari fakta bahwa itu adalah satu-satunya penjual yang layak dari produk dalam industri. Namun, dalam oligopoli, perusahaan dapat mempengaruhi pasar dengan menetapkan harga mereka, strategi pemasaran dan layanan pelanggan.

Dalam oligopoli, perusahaan mungkin berkolusi ketimbang berkompetisi. Kerjasama ini membuat mereka beroperasi seolah-olah mereka adalah salah satu perusahaan. Hal ini akan mengubah struktur pasar dari menjadi oligopoli ke monopoli. Harus ada beberapa ukuran kompetisi dalam struktur pasar oligopoli.

Ukuran geografis pasar juga menentukan apakah itu adalah oligopoli atau monopoli. Sebuah perusahaan dapat mendominasi industri di daerah tertentu di mana tidak ada alternatif pilihan produk yang sama tetapi memiliki dua atau tiga perusahaan sejenis yang beroperasi secara nasional. Dengan demikian, perusahaan mungkin monopoli di suatu daerah tetapi beroperasi di pasar oligopoli di wilayah geografis yang lebih besar.


share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Iqfadhilah, Published at 8:39 AM and have 1 comments
Baca Artikel Seru Lainnya

1 comments: